Ads Top

10 Motivasi Untuk Mahasiswa Tingkat Akut

google.com
Berdasarkan pengalaman pribadi selama kuliah dengan masa studi lebih dari 4 tahun, berikut ini terangkum 10 kejadian yang mungkin dapat memotivasi mahasiswa tingkat akhir agar segera menyelesaikan studinya.

1. Tibanya momen dilamar atau melamar
Tidak sedikit mahasiswa(i) yang merasa keren kalau diundangan pernikahannya tercantum namanya lengkap dengan gelar. Untuk itu, mereka berusaha lebih untuk bisa segera dapat gelar sarjana.
2. Kewajiban bayar SPP
Adanya spanduk tagihan biaya semester di depan bank kampus dengan tanggal deadline yang terkadang menyesakan pikiran dan perasaan.
3. Satu persatu teman-teman ikut wisuda
Teman yang awalnya dianggap biasa-biasa saja malah terlihat lebih berseri setelah wisuda. Entahlah cahaya itu seakan tampak secara tak terduga.
4. Biaya hidup semakin menjadi mendesak
Saat teman kos lainnya sudah mulai mengirim barang barangnya balik ke kampung halaman, ada yang masih harus memikirkan waktu baiknya untuk minta uang kos ke orang tua. Hmmm..
5. Ancaman Drop Out (DO)
Suatu ketika sering dihantui oleh ancaman tiba-tiba dengan terdengarnya kabar miring banget tentang tenggat waktu yang akan mengusir eksistensi mahasiswa tingkat akhir dari kampus.
6. Tekanan dari orang tua/ keluarga
Dalam percakapan bersama orang tua pas selalu dikaitkan dengan kode atau tanda besar, "kapan kau selesai kuliah? Disitu kadang hati menjadi gusar (please jangan bahas kuliah ya Ma, Pa)
7. Berharap dapat berteman dengan dosen melalui media sosial
Ada juga dosen yang sudah lebih dari 10 kali di add tapi tidak juga mengkonfirmasi, cek per cek dianya hanya mau konfirmasi permintaan pertemanan dari mereka yang sudah alumni. Sedihnya.
8. Tuntutan dari tempat kerja
Atasan kadang jadi kayak orang tua sendiri yang menuntut untuk segera menyandang gelar sarjana. Wow banget kan?!
9. Tekanan dari satu kata "KAPAN"
Entah dari mulut siapapun keluarnya, biasanya setelah memasuki semester baru, hanya ada satu kata itu yang terbenak dalam sanubari mahasiswa tua. Betapa beracunnya kata 'KAPAN' untuk hari-harinya.
10. Kurang kerjaan, sibuk urusan lain
Yah, mungkin sebelumnya ada yang sibuk kerja, jadi petugas sensus ekonomi misalnya, dan selepas itu belum dapat kerja lainnya, dan ternyata wisuda masih menjadi hantu yang bergentayangan. Ya sudahlah back to campus!



Demikian nomor berapa yang menjadi motivasimu??? Yang alasannya belum tercantum, segera temukan alasanmu dan perkaya khazanah motivasi mahasiswa untuk segera lulus.

Tenanglah teman, semua akan wisuda pada waktunya.


Oleh: Intan Rukmana -
Alumni Universitas Tadulako
Kontak: 0853-9924-1481

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © beranda agung. Designed by OddThemes