Ads Top

Penyebab Kegagalan Pemula Internet Marketing


Apabila anda telah atau akan berkecimpung di dunia Internet Marketing, tentunya anda pasti sudah ada niat untuk mendapatkan duit dari Internet.

Masalahnya adalah banyak pemula seringkali bingung mau mulai bisnis Internet ini dari mana? Biasanya banyak dari pemula ini yang meragui apakah bisnis Internet adalah bisnis yang nyata atau hanya tipuan/scam. Biasanya juga mereka yang menilai bisnis Internet adalah tipuan/scam adalah mereka yang belum/tidak mendapatkan hasil dari Internet Marketing.

Menurut Business Week, “64.2% of the businesses failed in a 10-year period”. Artinya 64.2% bisnis dalam periode 10 tahun gagal.

Bagimana dengan bisnis Internet Marketing? Saya juga tidak tahu angka yang pastinya, namun saya yakin sekali tingkat kegagalan seseorang yang baru saja mulai terjun di Internet Marketing lebih tinggi dan lebih cepat gagal.

Serakang pertanyaannya adalah mengapa para pemula Internet Marketing seringkali gagal?

1.  Mau hasil instant, mau yang gampang, tidak mau bekerja keras 
Saya sudah sering mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil dari Internet Marketing maupun dari bisnis apapun, anda MUTLAK harus sabar, MUTLAK harus mengalami frustrasi dan kegagalan terlebih dahulu, MUTLAK harus bekerja keras, dan MUTLAK harus bekerja cerdas juga.

2.  Cepat menyerah
Ketika mengalami kegagalan sementara, mereka langsung down dan tidak berdaya, lalu langsung menyerah. Saya menggunakan kata “kegagalan sementara” karena sejujurnya memang itu, kegagalan sementara. Untuk mendapatkan hasil tentu anda harus gagal terlebih dahulu.

Mana ada pemula yang baru terjun di bisnis online langsung sukses tanpa gagal sekalipun! Teman, saya mengatakan kepada anda sekali lagi: Tidak ada seorangpun yang menekuni suatu bidang, apapun bidang tsb, dan langsung mendapatkan hasil tanpa mengalamai kegegalan sementara.

Kalau anda sekarang sedang kerja di sebuah perusahaan dengan posisi supervisor, manager, atau direktur, coba ingat kembali apakah untuk mendapatkan posisis tsb gampang? Apakah proses mendapatkan posisi tsb selalu mulus terus tanpa ada rintangan apapun? Tentu jawabannya tidak! Kalau mendapatkan posisi tsb gampang semua orang sudah menjadi manager dan direktur dong.

3.  Bingung mau mulai dari mana
Jangankan orang pemula, saya saja sampai saat ini masih mengalami information overload. Apa itu information overload? Information overload artinya informasi yang anda peroleh terhadap sesuatu saking banyaknya sampai akhirnya anda bingung mau mulai dari mana.

Kalau dalam Internet Marketing, seringkali kita mendapatkan informasi bahwa untuk mendapatkan duit dari Internet anda harus belajar bagaimana menciptakan produk sendiri untuk jual kepada orang lain, bagaimana menggunakan Google Adwords untuk mendatangkan traffic, bagaimana menggunakan social bookmarking dan social networking untuk meningkatkan traffic, bagaimana JV (kerjasama) dengan para Internet Marketer lainnya, bagaimana melakukan on- page atau off-page SEO yang benar untuk mendapatkan traffic dari Google, bagaimana menulis artikel untuk mendapatkan pengunjung, dll.

Kelihatannya Kenyataannya banyak sekali yang harus dikerjakan, dan akhirnya karena bingung mau mulai dari mana, kita ngomong ke diri sendiri: “ah entar aja deh gue coba pelajari lagi, pusing pala gue…”

Dan akhirnya, you know dong apa yang akan terjadi? Ya, tidak akan terjadi apa-apa karena tidak ada ACTION. Selamat kepada kita semua. Ketika anda bingung mau mulai dari mana, pahami posisi anda sekarang terlebih dahulu. Anda sekarang berada di mana?

Kalau anda adalah seorang pemula di Internet Marketing, tentunya untuk saat ini anda tidak perlu pelajari bagaimana JV (kerjasama) dengan para Internet Marketer lainnya, karena sudah *hampir* pasti penawaran anda kepada mereka akan ditolak.

Kecuali penawaran anda begitu dahsyat dan menarik, kalau tidak jangan harap mereka mau bekerja sama dengan anda. Coba saja anda memposisikan diri anda sebagai pakar di Internet Marketing, lalu ada newbie yang datang menawarkan kerjasama dengan anda. Kira-kira anda mau terima penawaran tsb?


Intinya adalah, anda harus menyadari diri anda ada dimana saat ini. Yang tidak perlu anda pelajari saat ini, ya di skip saja untuk saat ini. Fokus kepada ilmu dan pekerjaan yang bisa menghasilkan paling banyak untuk anda saat ini.

Tahukah anda tidak semua ilmu dan pekerjaan mempunyai kepentingan yang sama. Ada yang lebih penting, ada juga yang kurang penting, dan ini tergantung kepada posisi anda saat ini.
Pernah dengan Hukum Pareto? Dikutip dari Wikipedia:

“The Pareto principle (also known as the 80-20 rule, the law of the vital few and the principle of factor sparsity) states that, for many events, 80% of the effects come from 20% of the causes.”

Artinya 20% pekerjaan akan menghasilkan 80% penghasilan. Sebaliknya pun sama, 80% pekerjaan akan menghasilkan 20% penghasilan. Tugas anda dan saya tentunya adalah menentukan 20% pekerjaan yang menghasilkan 80% penghasilan.

Jadi kuncinya adalah FOKUS kepada tugas dan pekerjaan anda yang paling penting saat ini. Tipsnya:

1.  Siap bekerja keras dan cerdas, sabar, dan menyaradi bahwa mendapatkan hasil dari Internet Marketing adalah sebuah proses yang sulit dan panjang. 

2.  Kuatkan mental anda dan yakinkan kepda diri sendiri bahwa anda MUTLAK HARUS mengalami kegagalan sementara, dan maju terus.

3.  FOKUS kepada 20% pekerjaan anda yang menghasilkan 80% penghasilan anda. Yang tidak anda perlu pelajari saat ini diabaikan saja.


Sumber: Welly Mulia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © blog.berandaagung. Designed by OddThemes