Ads Top

Transformasi – “perubahan selalu beriringan dengan perbuatan"

Yeah.. Tahun baru! Selamat memasuki tahun 2016. Semoga blablablaablaa... Di antara kita pastinya punya pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya, dan berharap ada yang lebih baik di tahun baru.

Umumnya orang-orang membuat harapan-harapan untuk suatu perubahan ke arah yang lebih baik pastinya. Baik itu secara personal maupun bersosial. Tetapi apakah semua itu dapat tercapai hanya dalam sekejap? Tentunya tidak semudah membalik telapak kaki. Jangan ditiru! Butuh usaha yang lebih untuk melakukan itu.

Sangat jarang perubahan dapat dirasakan begitu saja, membutuhkan proses dari berbagai macam upaya untuk mengubah harapan menjadi sebuah kenyataan. Sama halnya seperti yang dikatakan oleh Andy Warhol, "mereka mengatakan bahwa waktu mengubah segalanya, tetapi Anda benar-benar harus mengubah mereka sendiri".

Perubahan selalu beriringan dengan perbuatan. Tidak ada keadaan yang dapat berubah dengan sendirinya tanpa campur tangan dan upaya kita. Walaupun alam semesta ini diciptakan oleh yang maha kuasa, setidaknya kitalah yang dipercayakan untuk mengolah dan melaksanakan permainan di panggung sandiwara dunia ini.

Kita akan selalu membutuhkan transformasi, yaitu suatu proses perubahan yang secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimatum.

Ada tiga faktor yang menyebabkan terjadinya transformasi. Menurut N.J. Habraken, 1976, yang dikutip oleh Pakilaran, 2006. Siapakah mereka?! Entahlah, yang jelas berikut ini uraiannya:

1. Kebutuhan identitas diri. Pada dasarnya orang ingin dikenal dan ingin memperkenalkan diri terhadap lingkungan.
2. Perubahan gaya hidup. Perubahan struktur dalam masyarakat, pengaruh kontak dengan budaya lain dan munculnya penemuan-penemuan baru mengenai manusia dan lingkungannya.
3. Pengaruh teknologi baru. Timbulnya perasaan ikut-ikutan, di mana bagian yang masih dapat dipakai secara teknis belum mencapai umur teknis dipaksa untuk diganti demi mengikuti mode.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © blog.berandaagung. Designed by OddThemes