Ads Top

Mengenal Robotech Tadulako

Terbentuk pada 8 November 2009, Robotech Tadulako bergerak di bidang teknologi robotika, awalnya dibentuk oleh 8 mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Elektro, Untad, yang kemudian bergabung dengan pihak kampus menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas. Robotech Tadulako diawal pembentukannya sudah mengikuti berbagai kegiatan, seperti yang diselenggarakan oleh Dirjen pendidikan tinggi, dan perlombaan lainnya antar kampus baik lokal maupun nasional.


Di samping itu, inisiatif pembentukan tim atau UKM Robotech Tadulako, diawali pada ketertarikan terhadap karya-karya yang dibuat oleh para kreator robot terdahulu. Sehingga adanya berbagai perlombaan dan kontes robot yang kerap digelar secara nasional, dianggap perlu untuk dikutserta kan oleh mahasiswa Untad, sebagai peserta dari Sulawesi Tengah. Maka hal itulah yang menjadi salah satu pemicuh atau motif sehingga terbentuklah tim Robotika atau Robotech Tadulako yang juga didukung oleh seorang dosen, Adrin Thamrin, S.Kom, M.Kom selaku pembimbing kedelapan mahasiswa tersebut.

Kompetisi nasional yang pertama kali diikuti oleh Robotech Tadulako ialah pada saat kontes Robot Indonesia, di Universitas Samratulangi. Karya pertama yang dibuat oleh Robotech Tadulako ialah robot cerdas pemain bola. Dimana pengaplikasian kreatifitas dan keterampilan dilakukan awalnya hanya dengan cara mengumpulkan dan menggunakan alat dan perlengkapan seadanya sehingga menhasilkan sebuah karya Robot.

Namun kendala dana dan dukungan saat perancangan karya pertama masih sangat kurang sehingga dalam hal pengembangan membutuhkan waktu yang cukup lama, hal itupun tidak membuat tekad tim Robotech Tadulako mundur dalam berkarya.

Selain mengikuti berbagai perlombaan, Robotech Tadulako kerap melakukan pengembangannya dengan menggelar beberapa pelatihan, dan seminar yang membahas mengenai perkembangan teknologi, khususnya mengenai robotika. Selain itu, Robtech Tadulako juga mempunyai kegiatan Robotech Go to School sebagai kegiatan pembelajaran mengenai teknologi robotika kepada siswa-siswi di SMP dan SMA, bahkan ada beberapa sekolah memiliki ekstrakulikuler Robotika dan diberikan bimbingan langsung dari tim Robotech Tadulako.

Saat ini Robotech Tadulako memiliki 100 anggota atau mahasiswa yang tergabung. Dengan membuat sejumlah karya diantaranya, Robot Pramusaji, Sistem Keamanan Rumah Melalui Jaringan Nirkabel, Modul Praktikum Robotika, Robot Pencuci Tangan dan Robot Seni. Sejumah karya yang dihasilkan pun ternyata tidak hanya dijadikan pajangan atau bahan pelajaran internal anggota Robotech Tadulako, tetapi juga ada yang sudah dimanfaatkan dalam kebutuhan aktifitas sehari-hari, seperti beberapa yang digunakan di lingkungan kampus.

Adapun kegiatan expo yang diselenggarakan setiap tahun, menjadi salah satu ajang promosi karya hasil pengembangan kreatifitas Robotech Tadulako. Afdal Tahir selaku ketua UKM Robotech Tadulako, menyampaikan, “harapannya ke depan  pemerintah Kota Palu semestinya bisa lebih memperhatikan karya yang kami buat ataupun karya teman-teman komunitas yang ada di Kota Palu. Berhubung saat ini ada banyak yang berminat menggeluti pengetahuan bidang teknologi, terkhususkan mengenai robotika”.

Sejumlah karya yang diikutsertakan oleh Robotech Tadulako dalam ajang kompetisi nasional sangat membuktikan kemauan dan kemampuan mereka dalam hal berkarya. Dengan penuh antusias, sehingga beberapa diantara hasil karya Robotech tadulako juga diberikan apresiasi, beberapa penghargaan dalam kompetisi kejuaraan.

Prestasi di Kompetisi
  • 2009 : Juara 3 Kontes Robot Cerdas Indonesia Di Universitas Samratulangi
  • 2011 : Juara 2 Dan 3 Di Celebes Robot Contest
  • 2012 : Juara 1 Kontes Robot Indonesia Di Politeknik Negeri Ujungpandang Dan Juara 2 Kontes Robot Sepakbola.
  • 2013 : Juara 1 Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Dan Juara 3 Kontes Robot Indonesia Di Universitas Udayana Bali.
  • 2014 : Juara 2 Kontes Robot Seni Indonesia Di Universitas Mataram. 

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © blog.berandaagung. Designed by OddThemes